Banner
Ayo Sukseskan Tracer Study IAIN Palopo

Seminar Nasional Moderasi Beragama dan Pembukaan Muswil II FKMTHI

Seminar Nasional Moderasi Beragama dan Pembukaan Muswil II FKMTHI

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo terkhusus Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) patut berbangga berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Wilayah ke-II Forum Komukiasi Mahasiswa Tafsir Hadist Indonesia Wilayah Sulawesi (FKMTHI). Kegiatan ini digawangi oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) dibawah koordinasi Prodi IAT IAIN Palopo.

Pembukaan Muswil ke-II FKMTHI dilaksanakan dan dirangkaian dengan Seminar Nasional yang bertajuk “Optimalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Bingkai Kearifan Lokal” pada Selasa 5 Oktober 2021 di Auditorium IAIN Palopo. Adapun kegiatan Muswil sendiri akan berlangsung selama 4 hari ke depan yang bertempat di Gedung Serbaguna IAIN Palopo.

Turut hadir mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Dr. H. Muammar Arafat, SH., MH., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Muhaemin, M.Ag., dan Direktur Pascasarjana IAIN Palopo, Dr. HM, Zuhri Abunawas, MA, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Alauddin Makassar, Dr. Muhsin Mahfudz, M.Th.I, keduanya sebagai Narasumber, dan Dekan FUAD, Dr. Masmuddin, M.Ag yang didampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Muh. Ilyas, S.Ag., MA., serta Ketua Program Studi IAT IAIN Bone Dr. Junaid, M.Th.I dan Ketua Prodi IAT IAIN Palopo sendiri, Dr. H. Rukman AR. Said, Lc., M.Th.I.

Kegiatan di atas juga dihadiri sekaligus dibuka oleh Asisten II Pemkot Palopo, Ilham Hamid. Beliau menyampaikan “Semoga kegiatan seminar yang akan dilaksanakan pada hari ini sukses sehingga dapat memberikan saran/masukan untuk pengembangan akademisi dan kajian keilmuan, serta dapat pula memberikan manfaat yang besar bagi kita semua”, sebagaimana dilansir Palopo Pos (6/10/21)

“Jumlah peserta 132. Peserta berasal dari mahasiswa IAT IAIN Palopo, IAT IAIN Bone, IAT IAIN Kolaka dan mahasiswa umum di kota Palopo”, sebagimana disampaikan oleh ketua panitia, Muh. Alimin, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp pada Rabu 6 Oktober.

Untuk diketahui, Seminar Nasional dengan pembahasan utamanya adalah bagaimana membumikan nilai-nilai moderasi beragama di Indonesia Timur dengan bingkai kearifan lokal dipandu oleh moderator, Abdul Mutakabbir, S.Q., M.Ag. Pemateri yang berasal dari UIN Alauddin Makassar, Dr. Muhsin Mahfudz, M.Th.I, dan IAIN Palopo, Dr. HM, Zuhri Abunawas, MA., adalah bukti nyata dari implementasi MoU dalam bidang Pengajaran dan Pendidikan yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak pada tahun 2019 silam.

Kepada peserta Muswil disampaikan “Bermusyawarahlah dengan damai”. (eL)

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah