Banner
Ayo Sukseskan Tracer Study IAIN Palopo

Fuad Gelar Review dan Penyusunan Kurikulum Empat Prodi

Fuad Gelar Review dan Penyusunan Kurikulum Empat Prodi

PALOPO – Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Review dan Penyusunan Kurikulum Empat Prodi yakni Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, dan Sosiologi Agama di Auditorium Mini FUAD pada hari Senin sampai Selasa, 15-16 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyusun dan menyesuaikan kurikulum sesuai dengan kebutuhan pasar dan stakeholer. Review kurikulum ini menghadirkan empat narasumber secara virtual yang berasal dari PTKIN berbeda-beda diantaranya Dr. H. Najahan Musyafak, M.A dari UIN Walisongo Semarang, Dr. H. Aep Kusnawan, M.Ag., CPCE dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Zulfahmi Alwi, M.A., Ph.D dari UIN Alauddin Makassar, dan Dr. Moh. Soehada, M.Hum dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selain itu, juga hadir peserta dari berbagai instansi pemerintahan dan swasta se-Kota Palopo seperti dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palopo, Wartawan Palopo Pos, Kepala BPN Palopo, Kementerian Agama Kota Palopo, serta Perangkat Daerah lingkup Pemkot Palopo.

Dr. Masmuddin, M.Ag. selaku Dekan FUAD IAIN Palopo dalam sambutannya menyampaikan review kurikulum ini bertujuan untuk mendiskusikan dengan berbagai pihak mengenai apa saja yang dibutuhkan oleh kampus dan mahasiswa setelah lulus dari IAIN Palopo. Kegiatan ini juga merupakan persiapan FUAD IAIN Palopo dalam penerapan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di IAIN Palopo.

Seperti yang diketahui kurikulum yang berlaku saat ini akan diubah menjadi kurikulum MBKM untuk disesuaikan dengan tuntutan kerja dan skill yang diperlukan oleh institusi atau perusahaan setelah mahasiswa menjadi sarjana.

Dalam penerapan kurikulum MBKM, mahasiswa akan kuliah satu semester pada instansi yang sesuai dengan program studi dan dua semester pada instansi di luar prodi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah