Banner
Ayo Sukseskan Tracer Study IAIN Palopo

Tingkatkan Kreativitas Pemuda Salurante, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Laksanakan Pelatihan Fotografi dan Desain Promosi Produk

Tingkatkan Kreativitas Pemuda Salurante, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Laksanakan Pelatihan Fotografi dan Desain Promosi Produk

RONGKONG – Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam bentuk pelatihan fotografi dan desain promosi di Desa Wisata Rinding Allo yang terletak di dusun Salurante desa Rinding Allo kecamatan Rongkong kabupaten Luwu Utara pada Minggu, 6 Agustus 2023.

Pengabdian kepada masyarakat yang berbasis International Collaboration of Community Service in Social Culture tersebut mengangkat tema “Pelatihan Fotografi dan Desain Promosi Produk Budaya”. Dalam pelaksanaannya, dosen dan mahasiswa saling berkolaborasi dalam memberikan teori dan praktek kepada pemuda dan pemudi yang ada di dusun Salurante.

Hal ini bertujuan agar para pemuda dapat membuat promosi yang lebih menarik mengenai Desa Wisata Rinding Allo melalui pamflet maupun media lainnya dengan menyertakan foto yang menarik pula di dalam pamflet tersebut kepada masyarakat luas.

Kegiatan ini melibatkan expert yang berasal dari Jerman yaitu dr. rer. pol. Gunther Dress, dosen, mahasiswa KPI, serta pemuda dan pemudi dusun Salurante desa Rinding Allo. Pelatihan tersebut diisi dengan penyampaian teknik-teknik fotografi, segitiga exposure, jenis-jenis angle, dan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit foto dan membuat pamflet secara offline.

Muh. Zulfadli Amin selaku mahasiswa prodi KPI yang juga berperan sebagai pemberi materi tersebut berharap agar masyarakat ke depannya dapat lebih tertarik datang ke Salurante setelah melihat hasil jepretan foto dan pamflet yang telah dibuat oleh pemuda setempat.

“Semoga dengan adanya pelatihan fotografi ini, bisa membuat objek wisata yang ada di Rongkong, khususnya desa Rinding Allo dapat dilirik atau menarik minat banyak orang-orang melalui teknik pemasaran dengan menggunakan teknik pengambilan gambar atau foto yang baik”, ujar Zulfadli.

Pada akhir sesi pelatihan tersebut, pemuda dan pemudi yang mengikuti kegiatan tersebut langsung mempraktekkan teori-teori yang telah diberikan mulai dari cara mengambil gambar hingga mengeditnya menjadi pamflet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah