Banner
Ayo Sukseskan Tracer Study IAIN Palopo

Prodi Sosiologi Agama Gelar Pengabdian Masyarakat Guna Menguatkan Nilai-Nilai Toleransi Pada Masyarakat Rongkong

Prodi Sosiologi Agama Gelar Pengabdian Masyarakat Guna Menguatkan Nilai-Nilai Toleransi Pada Masyarakat Rongkong

RONGKONG – Guna menguatkan nilai toleransi masyarakat, program studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo gelar pengabdian kepada masyarakat di Masjid At Takwa dusun Salurante desa Rinding Allo kecamatan Rongkong kabupaten Luwu Utara pada Minggu, 6 Agustus 2023.

Kegiatan ini mengangkat tema “Penguatan Nilai-Nilai Toleransi Dalam Kehidupan Bermasyarakat di Rongkong”. Hal ini sejalan dengan tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat kali ini yaitu untuk meningkatkan nilai-nilai toleransi masyarakat di Rongkong tepatnya di dusun Salurante agar tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis dan tentram.

Pengabdian masyarakat yang berbasis International Collaboration of Community Service in Social Culture tersebut dilakukan di masjid dengan memberikan pesan-pesan agama mengenai nilai toleransi dalam bermasyarakat dan menghadirkan penceramah yaitu Sabaruddin, S.Sos., M.Si. yang juga merupakan salah satu dosen yang ada di FUAD IAIN Palopo.

Samsuddin Alamsyah selaku mahasiswa prodi Sosiologi Agama sekaligus tim pelaksana pengabdian masyarakat berharap masyarakat dapat lebih menjalin silaturahim dengan baik kepada siapapun.

“Selaku mahasiswa yang turut berperan dalam pengabdian masyarakat ini, saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini, masyarakat Rongkong khususnya dusun Salurante dapat menjalin silaturahim yang berakhlakul karimah terhadap siapapun. Terlebih lagi dusun Salurante merupakan salah satu tempat wisata di Rongkong yang sangat memungkinkan berbagai suku, agama, maupun ras berkunjung kesana. Untuk itu, menjalin silaturahim yang berakhlakul karimah sangat saya harapkan terwujud di Salurante”, ujar Samsuddin.

Dalam pelaksanaannya, expert dari Jerman yaitu dr. rer. pol. Gunther Dress juga turut hadir guna sharing kepada jamaah mengenai kehidupan yang rukun dengan tetangga sekitar karena nilai-nilai toleransi yang ditanamkan oleh masyarakat di negaranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah