Banner
Ayo Sukseskan Tracer Study IAIN Palopo

KOLABORASI FUAD DAN BAPAS PALOPO: MEMBANGUN MASA DEPAN PENDIDIKAN DAN REINTEGRASI SOSIAL

KOLABORASI FUAD DAN BAPAS PALOPO: MEMBANGUN MASA DEPAN PENDIDIKAN DAN REINTEGRASI SOSIAL

KOLABORASI FUAD DAN BAPAS PALOPO: MEMBANGUN MASA DEPAN PENDIDIKAN DAN REINTEGRASI SOSIAL

Palopo, 13 September 2024. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Palopo mengadakan pertemuan dengan Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II A Kota Palopo di ruang rapat lantai 2 Fakultas. Hadir Dekan Dr. Abdain, Wakil Dekan, Kabag, Ketua Program Studi, serta Sekretaris Program Studi. Sementara itu, Kepala BAPAS Dr. Hernawarman turut hadir bersama satu staf pendampingnya.

 

Dalam sambutannya, Dekan FUAD, Dr. Abdain, menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak BAPAS atas kerja sama yang telah terjalin selama ini. Ia berharap agar hubungan kerja sama antara FUAD IAIN Palopo dan BAPAS Kelas II Palopo semakin kuat di masa depan. “Kami berharap kolaborasi ini akan terus berlanjut dan semakin berkembang untuk memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” ungkapnya.

 

Kepala BAPAS, Dr. Hernawarman, dalam sambutan balasannya menyatakan kegembiraannya atas kemitraan yang terbina. Ia menyambut dengan tangan terbuka setiap bentuk kerja sama yang akan dilakukan ke depannya, baik dalam bentuk kegiatan magang, kuliah umum, maupun proyek-proyek lainnya. “Kami siap mendukung penuh setiap inisiatif yang melibatkan mahasiswa IAIN Palopo untuk terjun langsung ke lapangan,” ujarnya.

 

Pembahasan dalam pertemuan ini fokus pada tindak lanjut dari nota kesepahaman (MoU) yang telah disepakati sebelumnya. Salah satu topik utama yang dibahas adalah peluang kerja sama lintas program studi di FUAD. Setiap program studi mengajukan bentuk kontribusi yang relevan dengan keahlian masing-masing untuk memperkuat sinergi antara dunia akademik dan institusi pemasyarakatan.

 

 

Dari Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, ditawarkan kesempatan magang selama enam bulan di BAPAS Kelas II Palopo. Mahasiswa yang mengikuti magang ini akan dibimbing menggunakan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), yang memungkinkan pengalaman langsung dalam menangani kasus-kasus sosial di lingkungan BAPAS.

 

 

Sementara itu, Program Studi Sosiologi Agama menyampaikan bahwa tindak lanjut kerja sama bisa dilakukan dalam bentuk proyek riset atau penelitian di bidang sosial, yang berfokus pada aspek rehabilitasi sosial dan reintegrasi narapidana ke masyarakat. Riset ini dinilai penting untuk memberikan sumbangan ilmiah bagi pengembangan kebijakan pemasyarakatan di Indonesia.

Dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, ditawarkan kesempatan magang di bagian humas BAPAS. Mahasiswa akan terlibat dalam sosialisasi kepada masyarakat mengenai peran dan fungsi BAPAS, sekaligus memperjelas perbedaan antara Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) dan Balai Pemasyarakatan (BAPAS). Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman publik tentang pentingnya rehabilitasi sosial.

 

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir juga memberikan tawaran menarik berupa kegiatan ceramah atau khutbah Jumat yang dilaksanakan di BAPAS Kelas II Kota Palopo. Ini bertujuan untuk memberikan siraman rohani dan dukungan moral bagi para klien BAPAS, sekaligus memperkuat aspek spiritual dalam proses rehabilitasi mereka. Dengan berbagai tawaran kerja sama dari masing-masing program studi, pertemuan ini berhasil memperkuat komitmen antara FUAD IAIN Palopo dan BAPAS Kota Palopo.

 

 

Kedua institusi ini bersepakat untuk melanjutkan dan mengembangkan kolaborasi dalam berbagai bentuk kegiatan, dengan harapan mampu memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan dan rehabilitasi sosial bagi masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah